Faktor Penyebab Sakit Gula

Faktor Penyebab Sakit Gula – Sakit gula atau yang biasa disebut sebagai penyakit diabetes ini merupakan penyakit yang harus diwaspadai karena penyakit gula ini termasuk dalam salah satu penyakit yang dapat mengancam jiwa hingga menyebabkan kematian.

Faktor Penyebab Sakit Gula

Faktor Penyebab Sakit Gula

Penyebab Sakit Gula

Berikut adalah faktor Faktor Penyebab Sakit Gula atau diabetes, diantaranya :

  1. Penyakit Diabetes atau sakit gula ini menyerang pada mereka yang kurang aktif bergerak. Biasanya melanda pada mereka yang bekerja dengan kesibukkan hanya duduk-duduk manis, bisa dipastikan kadar gula dalam darah akan meningkat. Jika gaya hidup tak diubah, kadar gula akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya umur.
  2. Kegemukan atau obesitas
  3. Malas berolahraga sehingga glukosa dalam darah terus mengendap
  4. Diabetes terjadi ketika tubuh tidak bisa menghasilkan insulin yang cukup untuk mempertahankan kadar gula darah yang normal atau jika sel tidak memberikan respon yang tepat terhadap insulin
  5. Kadar kortikosteroid yang tinggi
  6. Obat-obatan yang merusak pankreas. Pankreas sendiri berfungsi memproduksi enzim pencernaan dan hormon insulin
  7. Diabetes yang muncul saat hamil atau yang dinamakan diabetes gestasional, akan hilang setelah melahirkan
  8. Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  9. Kadar kolesterol tinggi
  10. Makan tidak terkontrol jumlah dan kadar gizinya
  11. Faktor Penyebab Sakit Gula Terlalu sering minum manis
  12. Faktor Penyebab Sakit Gula akibat Kurangnya kesadaran bahwa olahraga adalah sangat penting

Hal-hal yang harus dilakukan untuk mengobati penyakit gula darah atau penyakit diabetes adalah dengan melakukan pencegahan pada tingkat pertama untuk mencegah diabetes muncuk. Faktor yang paling berpengaruh akan terjadinya masalah penyakit diabetes adalah faktor genetik, faktor aktivitas fisik yang kurang, dan akibat obesitas, nutrisi yang berlebihan, faktor hormon, dan akibat jenis obat-obatan yang lainnya. Faktor keturunan akan jelas sangat berpengaruh sekali dengan terjadinya penyakit diabetes melitus. Keturunan dari orang yang mengalami penyakit diabetes bisa kemungkinan besar menurunkannya pada anak mereka. Dan juga demikian pula dengan saudara kembar identik untuk penderita kasus sakit gula hampir sektar 100% bisa dipastiakn bahwa mereka bisa menderita penyakit diabetes.

Faktor keturunan adalah salah satu jenis penyebab sakit gula yang memang tidak bisa diubah, namun pada faktor lingkungan misalnya akibat obesitas merupakan salah satu jenis penyebab yang masih bisa diatasi dan juga diperbaiki. Usaha dalam melakukan poencegahan ini dilakukan dengan menyeluruh pada semua lapisan masyarakat yang paling diutamakan dan sangat ditekankan dalam melaksanakannya secara baik untuk mereka yang mempunyai resiko besar mengalami penyakit diabetes. Orang-orang yang mempunyai resiko yang tinggi dalam menderita penyakit diabetes adalah mereka yang pernah mengalami masalah terganggunya toleransi dari glukosanya yang bisa mengalami suatu perubahan akan gaya hidup menuju ke arah aktivitas fisik yang kurang, dan juga mengidap penyakit yang memang sering muncul bersamaan dengan adanya penyakit diabetes, misalnya seperti masalah tekanan darah tinggi dan terjadinya obesitaas.

Cara Mencegah Penyakit Gula

Tindakan yang bisa dilakukan sebagai salah satu bentuk pencegah primer adalah dengan memberikan penyuluhan mengenai pentingnya gaya hidup sehat dari mulai saat ini dengan cara :

  1. Sebaiknya pertahankanlah perilaku makan sehari-hari dengan poa makan yang sehat dan juga seimbang dengan cara meningkatkan asupan makanan seperti sayuran dan juga jenis buah-buahan. Selain itu, membatasi makanan yang mengandung tinggi lemak dan juga membatasi asupan makanan karbohidrat sederhana.
  2. Mempertahankan berat badan normal yang sesuai dengan usia dan juga tinggi badan.
  3. Melakukan aktivitas fisik yang cukup yang sesuai dengan usia dan juga kemampuan kita.

Selain itu, pencegahan sakit gula yang kedua ditujukan pada mereka yang terkena penyakit atau juga terancam terkena penyakit yang lainnya lewat diagnosa dini serta dalam memberikan pengobatan dengan lebih cepat dan juga diberikan dengan tepat. Dan salah satu kegiatan untuk melakukan pencegahan pada tingkat kedua adalah dengan mendapatkan penemuan pada penderita secara aktif yang dilakukan dengan bertahap secara dini. kegiatan yang seperti ini biasanya meliputi dari pemeriksaan yang dilakukan secara berkala, penyaringan yakni adalah salah satu bentuk pencarian penderita dini untuk penyakit yang terjadi dengan klinis namun masih belum terlihat pada penderita dengan umum untuk kelompok yang beresiko tinggi dari suatu pemeriksaan kesehatan atau juga berdasarkan keterangan kesehatan.

Usaha untuk melakukan pencegahan dari tingkat kedua pada kasus sakit gula adalah dimulai dengan cara mendeteksi dini dari pengidap penyakit diabetes. Karena hal ini sangat dianjurkan sekali untuk setiap kali kesempatan yang paling utama adalah untuk mereka yang mempuanyi reisko tinggi agar bisa dilakukan suatu pemeriksaan, penyaringan pada glukosa darah. dengan begitu, mereka juga mempunyai suatu resiko yang lebih tinggi pada penyakit diabetes agar bisa terjading untuk dilakukan suatu pemeriksaan dan kemudian dicurigai menderita penyakit diabetes yang akan mendapatkan tindakan selanjutnya. Kemudian sampai mereka diyakni bahwa mereka benar dalam mengidap penyakit diabetes datau sakit gula. Untuk mereka diagnosis yang bisa ditegakkan dengan melakukan diagsnosis dini dan kemudian akan dikelola dengan baik lagi, guna untuk membantu mencegah pada penyulit agar lebih lanjut lagi.

Itulah informasi mengenai sakit gula darah dan cara menceganya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Terimakasih

Faktor Penyebab Sakit Gula


=====================================

>>> Kapsul Sambiloto Mengobati Kencing Manis / Diabetes, Menormalkan Kadar Gula Darah, Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Mengatasi Bronchitis & Radang Amandel, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Gula and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>